Saturday, December 31, 2011

author photo
Salah satu syarat supaya bisa mengakses internet adalah modem. Sebagian besar modem saat ini sudah bisa 'plug and play' jadi tinggal colok dan konek sudah bisa berfungsi tanpa harus install ini itu. Tidak perlu repot² menginstal driver. Namun masih ada pula sebagian yang memerlukan penginstalan driver. Itu jika modem Anda tidak terdeteksi oleh OS. Ketika dicolokkan ke slot usb tidak terjadi reaksi apapun, dicoba berulangkali tetap sama tidak ada respon sama sekali. Masalah ini sering kita jumpai pada OS Linux. Kali ini pada Linux Mint, terutama Linux Mint 11 Katya.

cara mendeteksi modem di linux mint
Biasanya modem yang kita pasang di Linux Mint terutama Linux Mint 11 modem tidak akan terdeteksi sebagai modem, tetapi sebagai mass storage alias media penyimpanan. Ini bisa diketahui dengan mengetikkan perintah 'lsusb' di terminal atau bisa dicek lewat disk utility.

Supaya modem bisa terdeteksi oleh OS Linux Mint sebagai modem, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Salah satunya adalah, jika sistem Anda adalah dual OS atau lebih maka cara ini bisa dilakukan tetapi salah satu OS harus Wind***.

Pertama masuk ke OS Wind*** terlebih dahulu, lalu colokan modem Anda pada slot USB. Jika perlu install driver seperti biasanya. Setelah selesai Anda restart PC Anda dan masuk ke Linux Mint. Maka dengan sendirinya modem Anda akan terdeteksi. Tetapi cara ini tentunya sedikit merepotkan, ane sendiri juga males kalau harus masuk Wind*** dulu. Harus bolak balik booting demi sebuah modem.

Eh kalau cara yang tidak repot ada ga? Yang lebih simpel begitu. Tentunya ada dong. Cara ini kita langsung masuk ke OS Linux Mint. Kalau ingin yang simpel tanpa harus pakai dual boot begitu Anda harus memasang USB Anda terlebih dahulu sebelum PC dihidupkan. Atau jika sudah menyala, Anda colokkan usb modem Anda kemudian restart PC Anda. Setelah direstart satu langkah lagi baru Anda bisa menggunakan modem tersebut. Yaitu masuk ke disk utility dan Anda eject saja mass storagenya.

Untuk mengecek apakah modem sudah terdeteksi dengan baik Anda bisa ketik lagi 'lsusb' di terminal. Jika langkah Anda benar maka mass storagenya akan hilang dan usb yang terdeteksi adalah modem. Sekarang Anda sudah bisa menggunakan modem Anda. Tinggal setting saja kofigurasi dialnya. Semoga bermanfaat ya....
your advertise here

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Website Instan

Advertise Here

domain murah