Monday, December 26, 2011

author photo
Linux Mint Grub menu
Bosan dengan background grub Linux yang polos/itu² saja? Ane jamin pasti iya. Grub itu apa sih? apakah sudah benar ejaannya pakai akhiran 'b' bukannya pakai 'p'?

Grub sendiri merupakan bootloader distro Linux (Kali ini kita membahas Linux Mint). Jadi setiap kali kita booting waktu menyalakan PC atau laptop, pasti akan muncul grub ini. Terserah mau Linux Mint sudah terinstal di PC atau dijalankan lewat live USB/DVD kita akan menemui grub. Di sini (maksud ane Grub) bagi kita yang memiliki dual OS atau lebih kita  bisa memilih OS apa yang akan kita pakai.

Dengan tampilan background yang ala kadarnya, pasti kita bosan dan ingin menggantinya biar lebih keren. Sebenarnya ada banyak cara untuk mengganti background ini, kali ini kita akan membahas yang mudah saja, ga usah yang bikin pusing.

Pertama, siapkan file gambar dengan format 'png' yang akan kita pakai sebagai pengganti background standar. Usahakan resolusi gambar sesuai denga monitor Anda ya.
Kedua, buka terminal dan ketikkan perintah 'sudo nautilus'. Untuk membuka explorer sebagai root.
Ketiga, pada nautilus pilih file system>boot>grub. Nah, sampai di sini Anda tinggal copy file gambar yang sudah disiapkan sebelumnya. pastekan pada folder grub tersebut.
Keempat, buka kembali terminal. akhiri dulu nautilus Anda, kemudian ketikkan perintah 'sudo update-grub'. File gambar yang Anda copykan tadi akan terdeteksi.
Kelima, Restart sytem! Jika berhasil Anda akan melihat backgorund grub Anda berubah seperti yang Anda mau. Pastinya file yang Anda copy tadi.

Yap, selesai sudah untuk merubah background grub Linux Mint Anda, gampang banget kan. He2..... Walaupun belum ada screenshotnya, tapi ane akan coba update lagi dengan screenshot biar lebih mudah dimengerti.
your advertise here

This post have 2 komentar

  1. makasih kak..
    Aku udah coba, dan sukses ^_^)/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama² ( Kelamaan Bang balesnya :-D hahaha . . .)

      Delete
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Website Instan

Advertise Here

domain murah