Tuesday, April 24, 2012

author photo
led full hd
Pernah bingung ketika mau membeli LCD/LED TV? Jika Benar mungkin artikel ini bisa sedikit membantu, jika tidak, ga ada salahnya tahu sedikit,  He he he... Sekarang LCD/LED TV sudah menjadi barang umum. Dan ada beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang televisi berbody slim ini.

Apa sih perbedaan LCD dan LED? apa cuma namanya saja yang berbeda.
  • LCD menggunakan semacam kristal cair (neon) yang di sinari dari belakang agar bisa menampilkan gambar. LED seperti namanya (light Emitting Diode) menggunakan cahaya pancaran dioda sebagai sumber cahaya tv untuk menapilkan gambar. Untuk warna maupun kontras LED lebih bagus dari LCD. Untuk konsumsi daya LED juga lebih hemat lho.
Maksudnya HDTV itu apa? apakah LCD atau LED sudah termasuk?
  • HDTV singkatan dari High Definition Television (kalo ga salah hehe...) Dengan kata lain Televisi dengan tampilan yang lebih tajam/jernih/adem lebih 'wah' deh pokoknya. Standar minimum LED atau LCD adalah HDready.
Bagaimana dengan HD ready dan Full HD?
  • Biasanya HD ready memiliki resolusi maximum 1280x720, Full HD memiliki resolusi 1920x1080. Semakin besar resolusinya maka semakin baik kualitas gambar yang dihasilkan.
Dengar" PS3 harus menggunakan HDTV ya
  • Tidak harus, pakai tv tabung biasa juga bisa. Tetapi kualitas gambar yang didapat kurang maksimal. HDTV dipakai untuk memaksimalkan kualitas gambar dari PS3. PS3 pun bisa disetting outputnya kok (kalo tidak salah mulai 480, 720 sampai 1080/Full HD). Dan tidak hanya console PS3 saja yang mempunyai output HD, XBOX 360 juga memiliki fitur ini.
Pernah lihat 1080i dan 1080p apa maksudnya?
  • Huruf 'i' di sini merupakan singkatan dari interlaced, sedangkan 'p' adalah progressive. Interlanced adalah suatu teknik untuk meningkatkan kualitas gambar tanpa harus menggunakan banyak bandwith. Progressive adalah suatu teknik untuk menampilkan maupun mentransmisi gambar bergerak ke dalam setiap garis pada frame (progressive menggunakan banyak bandwidth tetapi gambar yang dihasilkan lebih bagus). Banyak film yang direkam dengan menggunakan proses progressive. kalau bisa pilih yang kodenya 'p' ya.
Kalau Response Time apa dong?
  • Response time adalah waktu yg dibutuhkan oleh 1buah pixel untuk berubah warna. Dalam hal ini semakin kecil respose time semakin baik, semakin kecil efek ghosting semakin berkurang(Suatu efek bayang" pada gambar bergerak terutama pada gambar gerak cepat). Di pasaran saat ini HDTV menggunakan kebanyakan menggunakan 5ms atau 2ms. Menurut gue 5ms sudah bagus, tidak begitu terasa perbedaannya dengan 2ms ( kecuali diperhatikan dengan baik dan seksama :P)
your advertise here

This post have 30 komentar

  1. Terima kasih infonya cukup berguna :)

    ReplyDelete
  2. Mungkin bisa ditambahkan untuk Contrast Ratio ,bagaimana memilih yang terbaik s.Saya masih bingung membaca spesifikasinya .

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti namanya 'contrast ratio' adalah perbandingan antara gelap dan terang. Di sini semakin tinggi contrast ratio semakin baik.
      Nah, untuk mengecek atau membandingkan contrast ratio antar merk Anda bisa mencoba melihat video dengan adegan gelap atau malam :). Mana yang lebih nyaman untuk Anda, bisa Anda putuskan sendiri. Terima kasih kembali

      Delete
  3. Ehm saya krg ngerti ttg spesifikasi tv, jd intiny saya mao nnya kira2 LED merk apa n versi berapa yg sesuai dgn spesifikasi yg kk sebutkan di atas? (LEDnya saya mao buat dipakai utk ps3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya asumsikan Anda Ingin LED ukuran 32inch ke atas. Untuk PS3 saya sarankan memilih Full HDTV karena untuk ukuran 32 ke atas kualitas gambar sangat terasa perbedaaanya antara HDready dan full HD, terutama untuk game. Beberapa contoh misalkan Samsung UA32EH5000, Sony KLV-40EX430, Samsung UA40EH6030. Soal Merk bisa disesuaikan selera Anda, ingat perhatikan resolusi, response time dan ketersediaan slot HDMI harus ada.

      Delete
  4. Saya dgr2 lg ada bbrp versi di bbrp merk hdtv yg tidak support 1080p pada ps3 tah knp (pdhl ditulis support), katanya ada pengaruh bandwidth interference dr tu tv ato gmn gitu, tah gmn solusiny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak support bagaimana? tidak tampil gambarnya atau sama sekali tidak bisa dipakai untuk ps3? Di sini Anda harus hati" memilih. Kalau tidak 'keberatan' :) konsol bisa dibawa untuk memilih TV, tidak pun tidak apa".

      Delete
    2. Ga support mksdny pas di ubah ke output 1080 malah ga ada tampilan

      Delete
    3. Berarti setting output ps3 yang dirubah ke 1080 malah tidak bisa menampilkan gambar di TVnya. Untuk masalah seperti ini lebih baik dicoba menggunakan TV lain. Jika masih sama maka masalah ada pada konsolatau kabel HDMI. Tetapi jika di TV lain bisa tampil gambar, berarti ada problem dengan TV. Sebaiknya hubungi service center untuk mengecek TV Anda. Karena TV Full HD sudah pasti bisa digunakan untuk konsol PS3 CMIWW

      Delete
  5. lagi mau nyari2 tv LED yang bagus,, punya recommend ga boss, untuk 22 - 24 inch saja..

    ReplyDelete
  6. Mau yang gambarnya natural pilih Samsung, kalo gambar tajam pilih produk dari Jepang :)

    ReplyDelete
  7. saya mau beli tv led 32" yg 1080p tp bisa gak jd monitor sama laptop saya yg intel hd 3000(1366 x 768)

    ReplyDelete
  8. Gunakan Kabel HDMI untuk HDTV anda, untuk mendapatkan gambar dan suara yag berkualitas

    ReplyDelete
  9. beli tv led 40, kenapa gambarnya kurang tajam seperti tv biasa ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau nanya nii, ak punya led 19 inc merk toshiba ak baru pake 8 bln sudah garis" tu layar ak suka nonton dvd terkadang dlm 1 hari 1 mlm ak nontong ±17 jam. Kira" led apa lagi ya yg baik dn tahan lama. Bantuannya ditunggu secepatna

      Delete
  10. led LG is the best
    tahan lama and kualitas gambarnya di akui dunia.
    gw baca satu badan pemerhati konsumen di amerika , mengadakan uji coba, test beberapa merek secara langsung, di saksikan banyak penonton. ternyata LG yg menjadi pemenang.

    ReplyDelete
  11. @Paul Marthen. Wah info menarik nih, ternyata LG nomor 1 di Amerika

    ReplyDelete
  12. Bro, rekomendasi TV LED full HD 40 inch, untuk kualitas gambar, suara, dan harga yang terbaik dong. Tq ....

    ReplyDelete
  13. ini info saya suka, tulisannya enak, singkat tapi jelas, terima kasih :))

    ReplyDelete
  14. Saya ada tv led toshiba 32' tpi kenapa gbrny kurang tajam, apakah perlu memakai antena khusus? Ato satelite reciever gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gambar TV LED akan maksimal jika menggunakan receiver, CMIIWW

      Delete
  15. Artikel yang bagus... Terima kasih

    ReplyDelete
  16. Mau nanya sebutkan satu persatu nama perangkatnya apa saja gan untuk pengganti bluray.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya bluray player atau TV yang bisa digunakan untuk memutar file bluray?

      Delete
  17. wah makasih info tentang LED TV Full HDnya, kebetulan lagi mau beli TV baru hehe.

    ReplyDelete
  18. Bgs gk kl pake maen ps3 lcd smsung 32inc

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus, kalau untuk game2 ps3 LCD Samsung 32in sudah mencukupi.

      Delete
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Website Instan

Advertise Here

domain murah