Thursday, November 24, 2011

author photo
tips merawat kaos
Karena ane lebih sering pake kaos dan suka pake kaos daripada kemeja maka timbullah posting ini. Dan ternyata bermanfaat banget tipsnya. Ane rekomendasikan bagi kalian untuk mempraktekkan tips² berikut, toh ga ada salahnya dan dijamin aman bagi kaos kalian. Berikut adalah tips merawat kaos agar lebih awet alias tahan lama:

1. Jangan direndam terlalu lama.

Jangan merendam kaos terlalu lama. Usahakan untuk kaos yang baru pertama kali dicuci tidak direndam lebih dari 30 menit, dan untuk kaos lama tidak lebih dari 1 jam. Jangan pula direndam dalam air dengan deterjen berlebihan. Karena deterjen berlebih dapat mengakibatkan sablonan pada kaos cepat rusak/terkelupas.

2. Pisahkan saat dicuci.
Pisahkan kaos dengan pakaian lain agar sablon kaos/ sablon digital tidak mudah rusak. Khususnya yang berwarna kuat seperti hitam, merah, biru dll dengan kaos berwarna putih. Hal ini dimaksud untuk mencegah seandainya warna kuat tersebut luntur, sehingga tidak mengakibatkan kaos putih kesayangan kita terkena dampaknya. Pisahkan juga antara pakaian yang kotor dengan yang kurang kotor agar kotoran tidak berpindah.

3. Kaos jangan disikat.
Kaos dengan bahan cotton memiliki tekstur yang lembut. Jangan menyikat kaos tipe ini karena dapat merusak tekstur kain dari kaos tersebut. Hindari juga kucekan dan perasan yang kuat karena selain merusak pori² baju juga dapat mengoyak sablon manual dan sablon digital, khususnya pada kaos selain warna putih dan abu².

4. Jemur terbalik.
Ternyata sinar matahari berlebihan dapat mengakibatkan warna kaos dan sablon memudar. Untuk mengurangi dampak tersebut sebaiknya kita menjemur kaos dengan posisi terbalik. Bagian dalam menghadap luar dengan sablon kaos berada di dalam.

5. Jangan digantung.
Diusahakan untuk tidak menggantung dengan hanger pada bagian leher kaos dalam jangka waktu yang lama. Karena akan mengakibatkan leher kaos cepat melar.

6. Hindari Pemutih.
Hindari mencuci kaos bersablon dengan pemutih/detergen yang mengandung pemutih. Karena reaksi kimia bahan pemutih mengakibatkan sablon menjadi luntur/terkelupas. Selain itu juga dapat mebuat kaos lebih cepat tipis dan kasar.

7. Hindari mencuci dengan mesin cuci.
Sebaiknya cucilah kaos yang bersablon baik itu manual maupun digital secara manual saja alias dengan tangan. Mencuci dengan mesin cuci dapat mengakibatkan kaos menjadi melar, sablon cepat rusak dan pori² kain kasar. Hal ini karena saat berputar kaos akan menerima beban tarik-ulur dan gesekan dengan kain lainnya.

8. Setrika.
Agar kaos awet sebaiknya tidak lupa untuk menyetrika setelah dijemur. Pastikan menyetrika baju dalam keadaan kering. Untuk sablon berwarna selain putih, hindari menyetrika pada bagian sablon. Atur pula panas setrika pada posisi sedang saja.

9. Noda.
Apabila kaos kesayangan Anda terkena noda, segera cuci pada bagian yang bernoda tersebut. Gunakan shampo/detergen, oleskan pada bagian noda. Gosok dengan halus dan bilas dengan air bersih hingga noda menghilang.

10. Jangan dipakai tidur.
Hindari kaos kesayangan untuk tidur, karena kaos akan menjadi cepat kotor khususnya di bagian leher. Pada saat tidur sadar atau tidak, kita berkeringat. Kombinasi keringat dan kotoran debu pada seprai akan membuat kaos kotor. Selain itu tekanan pada kaos akan membuatnya cepat melar.

Cuma sepuluh saja, kalau ada tambahan silahkan dikomen yaa, kalau kebanyakan dikembalikan, kalau tidak setuju dikomen juga yaa, pasti ane terbitkan komennya. Tidak perlu khawatir komen akan ane hapus. Kalau suka silahkan dishare :-*
your advertise here

This post have 2 komentar

  1. wah sama banget ama yang aq lakuin tiap minggunya,
    berati ini dah bener

    ReplyDelete
  2. @pencuci pakaian, Lanjutin aja, pasti awet kaosnya

    ReplyDelete
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Website Instan

Advertise Here

domain murah