Wednesday, December 14, 2022

author photo

Kenapa mau upgrade?
Upgrade ini dikarenakan ingin meremajakan PC ane, karena ternyata PC ane itu masih Core2 Duo. Di jaman Ryzen ini ane masih setia menggunakan Core2 Duo. Tidak terlepas dari terpaksa, ane menerimanya dengan lapang hati ketika masih menggunakan Core2 Duo sebagai PC daily driver ane. Toh keperluan komputasi sehari hari ane cuma untuk menginput data semacam mengetik, kalkulasi dan browsing internet saja. Jarang ane menggunakan PC untuk keperluan semacam edit foto, video atau menggambar yang notabene memerlukan spesifikasi PC yang mumpuni.


Sekian lama ane menikmati, semakin ke sini ane ingin upgrade PC ane. Selain karena keinginan tetapi tidak terlepas dari kebutuhan juga untuk mengikuti perkembangan jaman. Ditengah gempuran Ryzen yang hampir menggoyahkan iman untuk upgrade PC.


Pilihan untuk sementara jatuh kepada Intel gen3. Mungkin banyak dari kalian yang heran, ini mau upgrade atau ngelawak sih? Sekarang ini jaman sudah Ryzen, kalu intel sudah masuk gen13. Lah ini mau upgrade ko' cuma ke intel gen3. Mending tidak usah upgrade saja kalau begitu.

Ane sendiri setuju dengan pendapat tersebut. Kenapa harus memilih generasi ke-3 jika saat ini intel saja sudah memasuki generasi ke-13. Bukankah ada generasi ke-11 dan 12 yang notabene lebih baru, jika tidak ingin mengambil generasi terbaru yang ke-13.

Pendapat masing masing individu memang berbeda, tetapi ini adalah keputusan ane yang sudah ane pertimbangkan :-). Bukan tanpa alasan, tetapi ane juga menyesuaikan dengan budget. Terlintas dalam isi kepala, apakah intel gen3 masih relevan saat ini? Secara subjektif berdasarkan kebutuhan ane sehari hari, ane masih berpikir kalau intel gen3 masih relevan untuk ane manfaaatkan sebagai daily driver PC ane. Kalau berdasarkan keinginan ane, ya jelas jauh dari harapan :-D

Kenapa memilih intel gen3?
Selain daripada itu, intel gen3 masih banyak dijual di pasaran. Berarti akan mudah mencarinya Begitu pula mencari komponen komponen pendukungnya. Dari sisi software juga tidak terlalu tertinggal jauh, meskipun sudah ketinggalan jaman.

Kenapa tidak memilih gen yang lebih baru?
Di atas gen3 masih ada gen4 ke atas yang diatas kertas harusnya lebih bagus dari gen3. Tetapi ane merasa untuk saat ini gen3 sudah cukup untuk ane. Selain alasan keperluan sehari hari, alasan budget juga sudah ane singgung di atas. Alternatif pilihan selain pabrikan intel ada AMD Ryzen yang mungkin akan ane pertimbangkan jika bisa mendapatkan performa lebih dengan budget yang sama.

Sampai saat tulisan ini dibuat pilihan 90% kepada intel gen3 dan sisanya 10% kepada AMD Ryzen. Baiklah, kedepannya akan kita lihat apa yang akan menjadi pilihan ane. Gen3 Intel atau 10% probabilitas AMD Ryzen.

your advertise here

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Website Instan

Advertise Here

domain murah