Tuesday, November 12, 2013

author photo
Linuxmint kali ini membuat saya harus boot manual setiap kali menghidupkan komputer saya. Boot manual? yap, dengan kata lain grub erorr. Terus terang saja baru kali ini saya mendapatkan grub erorr sejak pertama kali memakai Linux dengan Dual Boot pula. Kenapa bisa sampai erorr? padahal saya sendiri memakai PC hanya untuk kebutuhan sehari hari saja dan jarang untuk mengoprak oprek. Sebenarnya grub erorr bisa terjadi karena beberapa kemungkingan, entah itu sering install ulang, harddisk erorr, shutdown yang tidak sempurna, dan beberpa hal lain yang mungkin Anda sekalian bisa menambahkan. Untuk kasus saya, rusaknya grub karena saya mengubah partisi pada system Windows dan Linux.
error-grub

Mendapatkan pesan erorr pada grub membuat saya dagdigdug, bagaimana tidak padahal saya belum sempat membackup data data pada kedua OS. Beberapa kali restart memberikan hasil yang sama. Grub menu tidak muncul sehingga saya tidak bisa masuk ke salah satu OS baik itu Windows maupun Linux. Selalu saja muncul pesan erorr Grub
erorr: unknown filesystem
grub rescue>
Pusing karena tidak tahu apa yang dimaksud pesan tersebut (karena tidak mengerti apa yang akan saya ketikkan di situ), maklum pengguna awam dan pengetahuan Linux juga masih dangkal. Akhirnya saya bertanya pada mbah Gugel dan ternyata kasus kasus seperti ini sering terjadi pada merreka yang menggunakan OS lebih dari satu pada Komputer mereka. Bermodalkan dari berbagai referensi akhirnya saya bisa mengembalikan Komputer saya dalam keadaan normal. Walaupun pada awalanya saya harus berpusing ria dengan "terminal" linux dan beberapa kali restart komputer. Karena proses yang saya terapkan tidak langsung berhasil.

Langkah langkah yang digunakan untuk mengembalikan grub agar normal kembali atau dengan kata lain menginstal kembali grub pada MBR kita
Pada saat muncul pesan erorr grub
erorr: unknown filesystem
grub rescue>
Kita ketikkan saja
set root=(hdx,y)
set prefix=(hdx,y)/boot/grub
insmod normal
normal
Untuk 'x '  Anda isi dengan angka '0" sedangkan untuk 'y' di isi dengan drive di mana Linuxmint Anda terinstall(Untuk komputer saya terdapat di /sda2 jadi saya isikan angka 2). Jika berhasil maka grub menu akan muncul kembali dan kita bisa masuk ke salah satu OS. Saya sarankan untuk masuk ke Distro Linux Anda karena grub berasal dari Linux dan akan kita perbaiki lewat Linux pula.
Setelah berhasil masuk Linuxmint Anda, untuk langkah berikut kita masuk terminal lalu ketik perintah
sudo update-grub
Dengan perintah ini grub kita akan diregenerate kembali. Pada beberpa kasus sampai langkah ini ada yang berhasil menormalkan kembali grubnya sehingga menu grub kembali normal setelah kita restart. Tetapi ada pula yang masih berkutat dengan masalah ini meskipun telah direstart.
Kemudian kita ketikkan lagi perintah
sudo grub-install /dev/sda
Tunggu prosesnya dan jika berhasil maka grub sudah terinstal kembali. Untuk mengujinya  kita restart komputer kita. Dan akhirnya menu grub saya kembali muncul dengan beberapa langkah di atas. Restart beberapa kali lagi untuk mengecek dan ternyata grub sudah kembali normal.
your advertise here

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Website Instan

Advertise Here

domain murah