Thursday, May 08, 2014

author photo
hjsplit-main
Apa sih sebenarnya HJSplit itu? HJSplit adalah suatu software yang berfungsi untuk membagi suatu file menjadi beberapa bagian yang lebih kecil ukurannya dan jika diperlukan, kembali menggabungkannya. Iya namanya saja "split" membagi, tetapi software ini juga bertanggung jawab untuk mnggabungkannya kembali :) Software ini mampu berjalan pada Windows, Mac, Linux dll (Saya tidak begitu mengerti dengan yang lain ini :D).


Selain mampu berjalan di semua OS, HJSplit bisa kita dapatkan secara gratis. Dan kita tidak perlu menginstalnya alias portabel, cukup mudah dan simpel ternyata. Dengan tampilan yang sederhana membuat software ini mudah untuk dipahami. Ada 6 tombol menu yang tersedia. Split, Join, Compare, Checksum, About dan Exit.

Jika kita ingin membagi suatu file dengan HJSplit menjadi beberapa bagian yang lebih kecil ukurannya, kita klik saja menu "Split". Selanjutnya kita pilih file yang akan kita split melalui tombol input file. Bisa kita lihat pada Submenu Split kita bisa mengatur besar file yang akan dihasilkan nantinya dalam ukuran Kb atau Mb. Lalu klik start , dan file akan diproses sesuai ukuran yang kita tentukan. Ekstensi yang dihasilkan HJSplit adalah *.001, *.002 dst ssesuai jumlah file yang dihasilkan.

mambagi file dengan hjsplit

Menu "Join" digunakan untuk menyatukan kembali file yang dibagi sebelumnya oleh HJSplit. Perlu diperhatikan untuk menggabungkan kembali file² tersebut pastikan semua bagian sudah kita dapatkan, tempatkan di satu folder dan kita samakan filenamenya. Untuk memasukkan file klik saja input file. Kita cukup memilih satu file saja dengan ekstensi *.001, tidak perlu kaget jika bagian file lainnya tidak terlihat. Kemudian klik start dan file akan menjadi satu kembali.

menggabungkan file dengan hjsplit

Selain kedua fitur di atas, HJSplit juga bisa digunakan untuk cek MD5SUM. Apa itu MD5SUM, ialah suatu kode yang digunakan untuk mengecek kevalidan suatu file. MD5SUM sangat berguna sekali untuk memeriksa file² yang telah kita download dari internet. Sehingga keabsahan file bia kita periksa, apakah file tersebut masih bersih atau sudah diedit (mungkin malah disusupi virus atau program yang tidak kita inginkan).

Untuk mendapatkan HJSplit bisa melalui situs resminya, atau kita bisa mendownloadnya langsung di sini untuk versi windowsnya
your advertise here

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Website Instan

Advertise Here

domain murah