Tuesday, May 06, 2014

author photo
Pernah ketemu dengan file berekstensi 001, 002, 003 dan seterusnya. Bagi sebagian orang awam, pasti akan heran jika mendapatkan file seperti ini (hmmm *.001 dibuka pake apa ya ini? dari tadi di coba ko ga ada yang cocok/bisa) dan mungkin kita bisa di buat pusing karenanya hahahahahaha ... Tetapi sebagian dari kita yang sudah tidak asing dengan ekstensi tersebut tentu tidak akan mempermasalahkan hal ini.

membuka pecahan file
Ekstensi *.001 dan kawan² merupakan ekstensi hasil dari pemecahan/pembagian suatu file. Kita tentu pernah menangani suatu file yang besar dan ingin membaginya menjadi beberapa file yang lebih kecil dan tanpa merusak file tersebut tentunya. Entah karena suatu alasan ingin memindahkan file tersebut, mau upload ke server atau untuk tujuan lain.

Lalu, bagaimana cara kita membuka/menjalankan file dengan ekstensi *.001 *.002 dan lain lain? Satu hal yang harus kita pastikan ketika mendapatkan file pecahan seperti ini dan ingin membukanya adalah bahwa kita harus tahu bahwa kita sudah mendapatkan semua bagian dari file yang ingin kita buka. Misalkan file itu terdiri dari 5 bagian, maka kita harus memiliki kelima bagian itu (dari ekstensi *.001, *.002 hingga *.005) entah kita memperolehnya dari web atau dari teman. Karena setiap file tersebut saling behubungan.

Menjalankan file seperti ini sebenarnya cukup mudah, tanpa software pun kita bisa melakukannya. Pastikan saja kita sudah mendapatkan semua bagiannya dan tempatkan di satu folder, lalu rename semua filenya menjadi sama(Ingat rename sja, jangan dirubah ekstensinya). Misalkan filenya terdiri dari 10 bagian kita samakan saja namanya menjadi terserah.001 lalu terserah.002 dan seterusnya sampai terserah.010. Kemudian jalankan file tersebut dengan mengklik file yang berekstensi terserah.001.

Untuk beberapa jenis file cara di atas dapat digunakan (Pernah saya coba pada file video dan lancar jaya). Lalu bagaimana jika cara di atas tidak berhasil? Kita harus menggunakan software, yaitu HJSplit. Dengan kata lain kita menggabungkan kembali file file tersebut dengan HJSplit. Sama seperti cara sebelumnya, kita pastikan sudah mendapat semua bagian, tempatkan di satu folder dan di rename. Jalankan HJSplit lalu klik join, tunggu beberapa saat tergantung besarnya file dan kita sudah mendapatkan file aslinya dan siap untuk dijalankan.

HJSplit sendiri mudah digunakan untuk semua OS dan tentu saja GRATIS !!! Lebih lanjut tentang HJSplit, cari tahu di sini.
your advertise here

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Website Instan

Advertise Here

domain murah